Mengatasi Iritasi Kulit Karena Make-Up

Mengatasi Iritasi Kulit Karena Make-Up

Bagi perempuan, penampilan sangat penting terutama bagi mereka yang harus bertemu rekan kerja setiap harinya. Penampilan menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pakaian, rambut hingga riasan wajah. Paling sederhana bagi riasan wanita adalah foundation atau alas bedak baru kemudian wajah akan di poles dengan blush on, eyeshadow, eyeliner dan lipstick. Berbagai merek dan jenis make up akan kita coba dalam hal mencari yang paling cocok dengan wajah serta warna kulit kita. Tidak jarang kita menemui suatu masalah kala itu. Biasanya untuk mereka yang memiliki kulit sensitive tidak jarang akan muncul ruam merah bahkan diantaranya akan merasa gatal yang tidak wajar yang disebut dengan iritasi kulit wajah.

Cara penyembuhan karena iritasi tersebut dimulai dari menghentikan pemakaian beberapa make up yang sedang digunakan kemudian lalukan penetralan selama satu minggu penuh untuk mengembalikan kulit wajah menjadi sehat.

Selain itu, dengan cara alami kita dapat mengembalikannya dengan memberikan masker wajah berbahan buah.

  • Masker Bengkoang

Buah ini mengandung banyak vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menyembuhkan peradangan. Kandungan B-Kompleks berupa folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat dan tiamin di dalamnya dapat membantu mengurangi ruam merah pada wajah yang iritasi.

Picture from : Honestlyyum.com

Picture from : Honestlyyum.com



 

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun berperan sebagai moisturaizer alami yang memberikan efek anti inflamasi ataupun peradangan pada kulit. Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu memperbarui sel-sel kulit yang mengalami iritasi sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat. Gunakan minyak zaitun sebagai masker ketika kulit wajah mengalami iritasi karena kesalahan penggunaan make up, gunakan juga dalam keseharian karena dapat menghaluskan kulit wajah, menjaga kelembapan alami kulit dengan mengatur kelenjar minyak pada wajah kita.

Picture from : Madamenoire.com

Picture from : Madamenoire.com

 

  • Masker Madu

Kandungan di dalam madu yang berupa antibakteri dapat menyembuhkan kulit yang iritasi ataupun alergi karena bersifat antiseptic. Karena itu madu dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat. Selain itu madu juga bagus untuk kecantikan kulit jika digunakan setiap hari sebagai masker karena dapat menghilangkan komedo, meremajakan kulit, dan membantu mengurangi munculnya keriput pada wajah.

Picture from : Katabello.com

Picture from : Katabello.com

  • Masker Mentimun

Dingin dalam buah mentimun karena kandungan mineral yang banyak dapat meredakan peradangan pada kulit wajah seperti fungsi mengkompres. Selain memiliki fungsi mendinginkan, mentimun memiliki kandungan vitamin B, C, A, magnesium, kalium, mangan dan silica yang bagus untuk kulit karena dapat mengencangkan kulit wajah, juga kandungannya yang berupa asam askorbat dan asam cafeic dapat menyamarkan pembengkakan pada daerah mata yang menyebabkan adanya kehitaman yang disebut mata panda.

  • Masker Susu

Susu sebagai antibakteri memiliki fungsi yang sama seperti madu dan dapat membantu mengembalikan kulit yang iritasi karena penggunaan make up. Kandungannya yang berupa mineral zat besi, klasium dan tembaga dapat membantu menyembuhkan kulit dari ruam merah dan gatal dengan menguatkan setiap sel kulit kamu yang menjadikannya lebih sehat dan kenyal. Selain itu susu mengandung vitamin A dan D yang dapat melembutkan kulit. Untuk mengembalikan kulit yang kemerahan, di dalam susu terkandung asam laktat yang dapat meremajakan kulit dengan cara melepas atau mengikis sel kulit mati ataupun yang rusak dan mengantinya dengan kulit baru yang sehat.

Penggunaan ke lima bahan tersebut sebagai masker wajah untuk pengobatan karena iritasi make up dianjurkan selama 30 menit dengan dipijit-pijit hingga mengering dan lakukan hingga tiga lapisan masker. Kemudian bersihkan dengan handuk basah yang hangat. Gunakan setiap hari selama kulit masih mengalami iritasi. Jika dalam satu bulan tidak ada perubahan, ada baiknya langsung menhubungi dokter bagian kulit dan hentikan penggunaan kosmetik apapun saat pengobatan dilakukan.

Share