Tabir Surya, Sudahkah Kita Mengenalnya

Tabir Surya, Sudahkah Kita Mengenalnya

Tabir Surya, Kosmetik Perawatan Kulit Yang Sangat Penting

tabir surya



Tabir Surya Paparan sinar matahari sudah sejak lama sekali ditakuti oleh para wanita yang ada diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Karena mereka menganggap sinar matahari dapat membuat kulit mereka menjadi kusam dan gelap, sehingga tampak tidak manis. Apalagi Negara kita, Indonesia secara geografis memang terletak digaris khatulistiwa dengan konsekuensi ber iklim tropis. Dengan begitu sunscreen atau tabir surya menjadi barang wajib digunakan bahkan disaat berada dalam ruangan sekalipun. Bukan hanya sinar matahari yang dapat menjadikan kulit kita menjadi gelap, tetapi sinar UV lah yang seharusnya perlu untuk diwaspadai. Memang selama ini tidak ada produk kosmetik yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet  atau UV 100%, namun paling tidak dengan menggunakan sun screen atau tabir surya akan mengurangi dan meminimalkan dampak buruk dari sinar UV ini.

Memang di Indonesia indeks sinar UV sangat tinggi. Jika dilihat dari skala 1 sampai 11, nilainya dapat mencapai 10. Walaupun demikian wilayah Indonesia masih beruntung memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Sinar UV yang dibawa matahari ke permukaan bumi ada dua macam, yaitu UV A dan UV B. Salah satu dari sinar UV tersebut dapat menembus kaca mobil atau rumh kita.

Tabir Surya Sebagai Kosmetik Penangkal Dampak Sinar UV

Sudah kenalkah kita dengan sinar UV A Dan UV B ? Intensitas sinar tersebut hanya 0,5% sinar UV B dan 9,5% sinar UV A yang bisa sampai ke permukaan bumi. Biarpun bisa dikatakan rendah, namun keduanya punya karakteristik dan dampak yang berbeda. Banyak orang masih memerhatikan produk tabir surya dari nilai SPF (Sun Protection Factor) . nilai SPF sendiri menunjukkan kemampuannya untuk melambatkan keadaan kulit menjadi merah karena terbakar oleh sinar matahari. Rata – rata orang Indonesia  punya tipe kulit yang tidak gampang terbakar tetapi mudah berubah menjadi cokelat jika terkena sinar matahari terlalu lama.

Jadi bagi orang didaerah tropis, seperti Indonesia ini yang diperlukan adalah zat yang dapat melindungi warna kulit, yaitu PA (Protection Grade of UVA). Nilai SPF ditulis dengan angka, tapi nilai PA ditandai dengan banyaknya tanda “+” pada sebuah produk.

Di Indonesia sendiri , intensitas sinar UV A lebih banyak daripada UV B sehingga akan lebih baik jika menggunakan produk yang memiliki kedua zat pelingdung tersebut.  Zat SPF memang dapat melindungi UV A namun perannya lebih kepada perlindungan sinar UV B. Karena jenis sinar UV A dapat menembus kaca,  maka nilai PA juga diperlukan dalam sebuah produk tabir surya.

Share