Tips Sederhana Mencegah Bekas Bintik Hitam Setelah Cukur

Tips Sederhana Mencegah Bekas Bintik Hitam Setelah Cukur

Wanita dengan kulit putih, cerah alami pasti pernah mengalami masalah yang satu ini ketika usai bercukur bulu kaki atau pun bulu ketiak. Ketika mencukur, kulit akan terlihat lebih halus dan bersih, namun pada keesokan harinya atau beberapa hari berikutnya justru akan muncul bintik – bintik hitam pada kulit setelah bercukur.

bintik hitam

Baca juga: Tips Alami Untuk Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Alatmakeup tidak hanya membuat kulit terlihat jelek saja, bintik – bintik hitam tersebut seringkali tidak bisa hilang dalam hitungan hari. menurut pendapat seorang dokter kecantikan yang bernama Dr. David E. Bank dari The Cnter for Dermatology, Cosmetik dan Laser Surgery. Munculnya bintik – bintik hitam pada permukaan kulit bisa saja menjadi sebuah bagian dari batang rambut yang tertinggal pada folikel.

Hal tersebut oleh orang Barat disebut sebagai strawberrry legs, karena bintik – bintik tersebut mengingatkan kulit manusia dengan kulit strawbery. Hal ini memang akan sangat menonjol pada seorang wanita yang memiliki kulit putih dan terang.

Kulit sensitif cenderung mudah mengalami iritasi ketika seseorang memberikan tindakan cukur. Kulit akan mengalami  luka, inflamasi (pembengkakan) berkali – kali selama dan setelah terjadinya proses mencukur, sehingga hal ini menyebabkan sebagian kecil folikel kulit akan terkelupas dan muncul bekas luka. Nah hal inilah yang menyebakan munculnya bintik – bintik hitam pada kulit.

Cara mengatasi luka dan pembengkakan kulit

kulit

Sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokan kulit dari sel – sel kulit mati dengan menggunakan lotion atau scrub. Kemudian rendam kaki di dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit. hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka pori – pori kulit sehingga rambut akan mudah untuk dicukur. Untuk mencukurnya, kamu bisa menggunakan pisau baru yang masih tajam dan pastinya bersih. sebaiknya jangan mengulang untuk mencukur berkali – kali pada area yang sama, karena hal ini bisa saja justru akan membuat luka kulit menjadi semakin besar.



Setelah mencukur, sebaiknya untuk mengoleskan krim pelembab atau lotion pada kulit. Setelah itu, pijat kaki tersebut agar lotion meresap ke pori – pori kulit. Dan kamu bisa mengulanginya lagi setelah kering. Jika kamu tidak ingin memiliki resiko bintik – bintik hitam, cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan cara waxing dan laser yang tentunya merupakan cara yang lebih efektif untuk mencabut bulu – bulu pada kaki. Namun apabila kamu lebih memilih untuk melakukan cukur, kamu hanya butuh bebera trik saja agar bintik – bintik hitam tersebut tidak kembali muncul.

Nah itulah tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi bintik – bintik hitam pada kulit setelah cukur. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. semoga bermanfaat tentang mencegah bintik hitam setelah cukur.

Share