Menjaga Penampilan Dengan Pilates

Menjaga Penampilan Dengan Pilates

Hanya sedikit orang yang mengetahui apa itu Pilates. Pilates adalah salah satu olahraga dengan metode peregangan tubuh yang juga memfokuskan pada kekuatan otot perut. Melatih menyeimbangkan antara pikiran dan raga. Dengan berolahraga Pilates maka tubuh akan menjadi lebih bugar, mood menjadi lebih baik dan pasti selain dapat menjaga penampilan juga dapat membentuk penampilan kita menjadi semakin menarik untuk dilihat. Bagaimana caranya?

Picture from : revitapilates.com.br

Picture from : revitapilates.com.br

Terdapat beberapa otot yang dilatih dalam olahraga pilates diantaranya Kaki, Glutes atau otot bagian pinggul dan Perut. Berikut hal paling sederhana dari pilates yang dapat kamu coba di rumah :

  • Untuk gerakan kaki maka yang dibutuhkan hanya tubuh kita yang terbaring telentang untuk melakukan gerakan merentangkan tangan di kedua sisi dan menarik kaki ke perut hingga membentuk 90 derajat sambil menghembuskan nafas dan mengembalikan ke posisi semula sambil menarik nafas. Lakukan secara bergantian dan perlahan sebanyak lima kali untuk setiap kaki.
  • Gerakan Glutes atau otot bagian pinggul dapat dilatih dengan cara berbaring terlentang dengan kedua lengan disamping tubuh, kemudian tekuk kaki membentuk 45 derajat sambil mengangkat pinggul sambil menghembuskan nafas, dalam posisi ini angkat salah satu kaki dan silangkan ke kaki yang lainnya. Kemudian kembalikan ke posisi awal dan ulangi sebanyak lima kali.
  • Perut yang buncit dapat diatasi dengan melatih otot perut. Hal yang perlu dilakukan hanya berbaring terlentang dengan tangan dibelakang leher dan kaki lurus ke depan kemudian kerutkan pusar ke dalam dan ke atas tetapi dalam posisi punggung tetap menempel pada lantai. Kemudian angkat kaki 45 derajat sambil menghempuskan nafas dan mulai menarik tubuh ke atas dengan punggung tetap menempel pada lantai, Tarik nafas dan kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak lima kali.
Picture from : Mindbodygreen.com

Picture from : Mindbodygreen.com

Ketiga hal sederhana tersebut dalam berdampak baik bagi kebutuhan tubuh dan penampilan anda, diantaranya :

  • Menjaga dan membentuk postur tubur lebih baik.

Dengan kegiatan wanita masa kini yang disibukan dengan berbagai pekerjaaan dan kegiatan social lainnya tentunya akan berpengaruh dari bagaimana kita memposisikan tubuh kita yang sudah tidak muda lagi. Tubuh menjadi sangat lemah dan tanpa sadar kita menjadi lebih sering membungkuk entah dalam posisi duduk maupun dalam posisi berdiri. Pundak akan terlihat jatuh kedepan dan tulang punggung terlihat membungkuk. Melalui pilates kita akan dilatih untuk menguatkan otot-otot kita kembali yaitu dengan cara melatih pernafasan dengan tekhnik relaksasi maka persendian akan menjadi lebih kuat dan terlatih. Postur tubuh akan kembali sebagaimana mestinya dan penampilan akan jauh lebih tegap dan lebih baik.

  • Membentuk tubuh ideal pasca melahirkan

Bagi kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan, masalah penampilan menjadi suatu hal yang diperhatikan. Tubuh menjadi lebih besar, pinggang yang menjadi miring karena terlalu sering menggendong anak, perut yang sudah tidak bagus lagi dan banyak hal lainnya yang membuat perubahan fisik menjadikan tubuh tidak nyaman untuk melakukan aktivitas lain. Dengan berolahraga Pilates maka tubuh akan dipaksa menyesuaikan dengan proporsi yang seharusnya dan dengan latihan pernafasan di dalam pilates yang menjadikan tubuh terelaksasi akan membantu ASI memproduksi susu yang berlebih karena efek relaksasi dapat menyenangkan hati dan merubah mood menjadi lebih baik. Dengan berlatih pilates setiap minggunya akan mengembalikan punggung yang bungkuk pasca kehamilan, akan meluruskan pinggang yang miring disebabkan terlalu seringnya menggendong anak dan tubuh menjadi lebih tegap.

  • Membantu tubuh melakukan detoksifikasi

Dengan tekhnik yang ada di dalam olahraga pilates, kita akan diminta untuk melakukan peregangan otot juga latihan otot lainnya yang akan membantu persendian kita kuat dan tubuh menjadi lebih tegap dan proposional. Selain itu, Pilates pun mengajarkan bagaimana melakukan relaksasi yang benar hingga dengan dilakukan relaksasi ini maka secara otomatis tubuh akan melakukan detofsifikasi yaitu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita melalui sebuah tekhnik pernafasan maka dengan detoksifikasi tubuh ini kita akan menjadi lebih bugar.

  • Mind and Body Connection

Jika dilakukan rutin setiap minggunya makan olahraga pilates tentu dapat memberikan efek bagus dalam mind and body connection, kita akan lebih memahami bagaimana tubuh kita dan dapat dengan cepat mengetahui jika ada yang salah dengan berat badan kita ataupun kesehatan kita. Koneksi yang akan terjalin dari seringnya melakukan pilates adalah body awareness dimana kita akan sangat aware terhadap keseimbangan otot-otot di dalam tubuh kita.

Picture from : flickr.com

Picture from : flickr.com

Cobalah gerakan sederhana dari pilates tersebut di pagi hari pada weekend kamu. Lihatlah efek baik yang akan ditimbulkannya dan jika kamu sudah memahami setiap gerakannya tidak salah untuk mencoba secara professional beberapa gerakan yang lainnya. Selamat mencoba !



Share