Kosmetik Halal, Pertumbuhannya Di Indonesia

Kosmetik Halal, Pertumbuhannya Di Indonesia

Kosmetik Halal, Trend Penggunaan Semakin Meningkat

kosmetik halal

Tanpa kita harus menyebut suatu merek kosmetik tertentu, kenyataannya untuk kebutuhan akan produk yang berlabel kosmetik halal sangat tinggi di Indonesia. Permintaan ini begitu terlihat seiring dimulainya trend mode hijab pada tiga tahu belakangan, pada akhirnya mengarahkan konsumen pada semua produk yang berlabel halal, termasuk produk kosmetik.

Di Indonesia yang merupakan negara dengan jumplah penduduk muslim terbesar, maka sudah pasti bahwa produk berlabel halal menjadi perhatian utama dan juga peluang pasar bagi para produsen. Selain terdapat pada produk makanan, label halal juga semestinya dimiliki oleh produk kosmetik, inilah tugas dan tantangan bagi pemerintah untuk dapat memastikan bahwa semua produk kosmetik dapat teridentifikasi sebagai kosmetik yang halal. Seperti dikatakan oleh Bapak Ir. Lukmanul Hakim, MSI. Direktur Eksekutif dari LPPOM MUI beberapa waktu lalu.



Lebih lanjut lagi menurut pak Lukman, produk kosmetik adalah sebuah produk yang berinteraksi secara langsung dengan tubuh dengan kulit atau yang dikonsumsi secara langsung dalam bentuk obat-obatan. Produk ini bisa saja dapat mengandung zat bersifat najis dalam pandangan agama islam, sebagai contoh bahan mentah dari kosmetik yang terbuat dari binatang haram seperti babi.

Kosmetik Halal, Baru 1,79% Sudah Mendapat Sertifikasi Halal

” Sekarang di pasaran terdapat sebanyak 1550 jenis produk kosmetik, dan baru sekitar 21 yang sudah disertifikasi halal. Artinya baru sekitar 1,79 % saja yang sudah disertifikasi oleh MUI sebagai kosmetik halal. Bukan berarti sisanya tidak halal, tapi hanya belum terdaftar. Sertifikasi kosmetik halal meliputi sampling bahan baku produk tersebut untuk pemeriksaan keamanan dan kehalalan produk kosmetik ” keterangan Ir Lukman. Sebagi contoh sederhana adalah pada kosmetik yang berjenis tahan air (waterproof) yang dapat membuat wudhu tidak sah.

Khusus kategori kosmetik halal yang dapat disertifikasi antara lain dari jenis body care, hair care, face care, cosmetics dan juga parfum. Kini sebagian besar penduduk di Indonesia juga sudah mulai menyadari pentingnya kosmetik halal.

Share